KESENIAN BUDAYA TARI JANGER KAMPUNG PASAR BATANG

PASARBATANGnews. Konsisten memunculkan seni dan budayanya, Tak dipungkiri, warga kampung Pasar Batang kaya akan karya seni yang melegenda salah satunya yaitu kesenian Tari Janger, seiring dengan  majunya perkembangan jaman, kesenian daerah kini mulai redup dan nyaris hilang, Agar tidak benar-benar terlupakan dengan kemajuan jaman, Pemerintahan Kampung Pasar Batang memiliki cara jitu dalam melestarikan budaya daerah tersebut, salah satunya dengan cara menggelar kesenian daerah tersebut dalam acara peringatan Tahun baru islam (1 Asyura), Meski Acara digelar dan dikemas dalam panggung yang Sederhana warga Kampung Pasar Batang sangat antusias sekali. Seperti pagelaran pada hari Jum’at malam Sabtu (29/10/2017) yang bertempat di RT 10 RW 04 Kampung Pasar Batang dalam acara memperingati 1 Suro  kemarin, terlaksana pagelaran tersebut berkat dukungan dari semua Warga Kampung Pasar Batang yang sangat antusias dan bersama bergotong royong, sehingga kesenian Tari Janger tersebut bisa ditampilkan secara apik dan menarik. Kesenian ini memang sudah lama menghilang, karena jarang sekali ditemui pada panggung-panggung hiburan. Dan di eranya modern seperti sekarang ini banyak anak-anak  muda yang bahkan belum tau apa itu kesenian daerah karena sekarang banyak hiburan yang modern, maka dengan cara ini lah kita semua bisa tau betapa pentingnya menjaga dan melestarikan kebudayaan daerah yang mana sudah ada sejak dahulu kala, sehingga tidak punah dan hilang bak  ditelan bumi, dikarena kita tidak pernah mau mengerti dan tidak pernah mau tau tentang seni budaya, padahal Negara indonesia terkenal Kaya akan Budayanya.

“Panggung seni ini juga bisa sebagai wadah para Seniman dan seniwati kelompok seni dan budaya.  mereka tampil menghibur masyarakat dan Ini bukti kami tetap melestarikan budaya dan seni. Kami memberi ruang seluas-luasnya kepada kelompok seni budaya di kampung Pasar Batang agar lebih maju lagi, dan tak lupa juga kami ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh lapisan Masyarakat kampung Pasar Batang yang mau berpatisipasi dan mendukung Kampung kita untuk bisa lebih maju dalam Membangun Kampung ” ujar Kepala Kampung Pasar Batang Bpk. MULYONO.

 

 

 

Facebook Comments
About PASAR BATANG 14 Articles
Kampung Pasar Batang adalah Kampung yang berasal dari Transmigrasi daerah Bakung Menggala. Transmigrasi angkatan pertama yaiti tanggal 20 Desember 1984, dan angkatan itu di jadikan sebagai hari bersejarah berdirinya kampung Pasar Batang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan