GOTONG ROYONG PERSIAPAN LAHAN UNTUK PEMBANGUNAN GEDUNG BUMKAM

PASAR BATANG, Pepatah mengatakan bahwa berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Dalam kehidupan sehari-hari implementasinya di masyarakat disebut dengan gotong-royong, sebuah budaya warisan dari leluhur yang mungkin sekarang agak sulit ditemukan dijaman yang serba uang dan serba online.

Dengan adanya gotong royong, seberat apapun sebuah pekerjaan akan menjadi setidaknya lebih ringan dan cepat terselesaikan, karena beban dibagi oleh para partisipan. Namun Saat ini budaya gotong-royong dalam masyarakat sudah mulai hilang karena tergerus oleh Zaman dan rasa individualisme yang tinggi, dan Alasan utamanya adalah karena kesibukan. Salah satu contoh adalah jika ada kerja bakti dalam lingkungan RT atau kebersihan kampung, sebagian lebih suka iuran uang daripada ikut keluar keringat untuk kerja bakti apalagi bagi orang yang sibuk dengan Bisnis dan pekerjaan masing masing.

Padahal inti dari kerja bakti gotong-royong adalah bagaimana kita memupuk rasa sosial dalam lingkungan kampung, sehingga terlihat sayuk rukun dan rasa kebersamaanya, yang bertujuan adanya saling interaksi dengan warga masyarakat yang lain.

Seperti halnya di kampung kami Pasar Batang, Untuk mempersiapkan Lahan yang nantinya akan di jadikan sebagai lokasi tempat pembangunan Gedung Bumkam, aparatur kampung bersama masyarakat bergotong royong menumbangkan beberapa pohon kelapa sawit untuk di bersihkan dan kemudian di bakar beserta semak semak rumput.

 

Facebook Comments
About PASAR BATANG 14 Articles
Kampung Pasar Batang adalah Kampung yang berasal dari Transmigrasi daerah Bakung Menggala. Transmigrasi angkatan pertama yaiti tanggal 20 Desember 1984, dan angkatan itu di jadikan sebagai hari bersejarah berdirinya kampung Pasar Batang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan