SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT

Pasar Batang , Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan suatu program dari dinas kesehatan yang berkonsep tentang kebersihan lingkungan, kegitan tersebut di jalankan oleh kader-kader posyandu Pasar batang, jenis kegiatanya yaitu pembuatan kotak sampah dan saluran pembungan limbah air dari rumah tangga, tujuan dari program tersebut yaitu menciptakan lingkungan di sekitar perumahan yang sehat dan bersih, (Sabtu 18/11/2017).

Kegiatan STBM tersebut sudah berjalan sejak awal tahun 2016 hingga sampai sekarang, karena terbatasnya jumlah alat cetakan sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan proses pembuatanya, karena dari dinas kesehatan cuman mendapatkan satu buah cetakan untuk satu kecamatan, di tambah lagi  dengan kendala alam seperti musim penghujan yang mengakibatkan tidak bisanya untuk melakukan pencetakan.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat merupakan Strategi Nasional  dimana program tersebut merupakan acuan dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan serta evaluasi yang terkait dengan kesehatan lingkungan. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  adalah pendekatan untuk merubah perilaku Higienis dan Sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Komunitas merupakan kelompok masyarakat yang berinteraksi secara sosial berdasarkan kesamaan kebutuhan dan nilai-nilai untuk meraih suatu tujuan yaaitu kebersihan lingkunagan.

 

Dok. Pasar Batang, Proses pembuatan kotak sampah

 

Dok. Pasar Batang, Proses perakitan cetakan kotak sampah
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan